30 November 2007

Menjelang Pilkada Kota Bogor

Di Harian Radar Bogor tanggal 19 & 20 Nopember 2007 yang lalu, ada berita kecil tercantum yang menyatakan bahwa Pondok Pesantren Al-Falak dan Pondok Pesantren Al-Um mendukung salah satu calon walikota Bogor yang sekarang menjabat Sekdakot Bogor yaitu Bapak Doddy Rosyadi. ini tentu saja membikin kami selaku pengasuh dan pengurus Pondok Pesantren Al-Falak banyak diminta konfirmasinya oleh beberapa kalangan dari pesantren yang lain di kota Bogor. Kebetulan kami tidak berlangganan harian Radar Bogor, jadi kami baru mengetahui berita tersebut beberapa hari setelah Harian tersebut beredar. Kami pun segera menelusuri apa yang menyebabkan berita tersebut muncul....? Ternyata beberapa waktu yang lalu di Pondok Pesantren Al-Um yang notabene terletak hanya beberapa meter dari lokasi Pondok Pesantren Al-Falak, diadakan acara Silaturahmi Alim Ulama Kota Bogor dengan mengundang Sekdakot Bogor Bapak Doddy Rosyadi. Hasil silaturahim tersebut, para alim ulama yang hadir berikrar mendukung beliau untuk maju dalam pilkada Kota Bogor 2008 sebagai Walikota Bogor. Kami selaku pengasuh dan pengurus Pondok Pesantren Al-Falak tidak diundang dalam acara tersebut, bagaimana mungkin kami mendukung ikrar tersebut....?

Sangat disayangkan pihak Radar Bogor tidak mengkonfirmasikan hal ini kepada kami, yang tentunya secara moril merugikan nama baik pesantren kami. Karena prinsip Pondok Pesantren Al-Falak sampai saat ini tetap konsisten untuk tidak masuk dalam kancah politik praktis, kami harus menjadi penyeimbang keberagaman aspirasi yang berkembang dalam masyarakat kota Bogor khususnya, juga dalam wawasan yang lebih luas kami bersifat terbuka kepada siapapun untuk menjalin tali silaturahim.
Kami mengerti mungkin ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan acara tersebut yang berlokasi tidak jauh dari tempat kami untuk kepentingan tertentu pula.

Sekali lagi kami menyatakan bahwa kami tidak dalam posisi dukung-mendukung salah satu calon tertentu dalam pilkada Kota Bogor yang akan datang....

Setiap parpol yang ingin bersilaturahim ke pondok pesantren Al-Falak akan diterima dengan tangan terbuka, selama kunjungan ini bersifat menjalin hubungan baik tanpa adanya motif-motif lainnya.

Prinsip kami adalah mendukung siapa saja yang akan membawa kemaslahatan bagi warga Kota Bogor khususnya maupun negara kita tercinta Indonesia pada umumnya.


Semoga ini bisa menjadi keterangan resmi dari pihak kami. Syukron katsiron.



Powered by ScribeFire.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda........

Jadwal Sholat

Pondok Pesantren Al-Falak

Pondok Pesantren Al-Falak terletak di Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Pondok Pesantren Al-Falak telah berdiri sejak tahun 1901 (atau mungkin sebelum itu...?) oleh Almaghfurlah KH.Tb.Muhammad Falak Abbas atau biasa dikenal dengan Abah Falak.
Karena pada saat itu, berdirinya sebuah pesantren selalu seiring dengan seorang tokoh ulama yang mulai berdakwah di daerah tempatnya tinggal dan sekitarnya.

Sedangkan menurut sejarah keluarga, bahwa KH.Tb.Muhammad Falak Abbas hijrah dari Sabi, Pandeglang ke Pagentongan pada tahun 1878 dan kemudian bermukim di Pagentongan ini.
Selanjutnya Abah Falak menikah dengan seorang putri Pagentongan yang bernama Siti Fatmah dan mempunyai seorang putra tunggal yang bernama Tb.Muhammad Thohir Falak yang lebih dikenal dengan sebutan Bapak Aceng.

Pada hari Rabu tanggal 8 Jumadil 'Akhir 1392 / 19 Juli 1972, Abah Falak berpulang ke Rahmatullah di usianya yang ke 130 tahun. Beliau di makamkan di belakang rumahnya, dan kini menjadi Pemakaman Bani Falak.
Sedangkan Bapak Aceng menyusul berpulang ke Rahmatullah pada tahun 1976.
Pada tahun 1996, menyusul lagi putranya Bapak Aceng yaitu Almaghfurlah KH.Tb.Atung Zaini Dahlan, yang sangat memperhatikan keberadaan pondok pesantren Al-Falak.

Sekarang Pondok Pesantren Al-Falak dikelola oleh buyutnya (generasi IV) Abah Falak yang tinggal di Pagentongan, dan Pondok Pesantren Al-Falak tetap konsisten untuk membantu pemerintah dalam membangun sumber daya manusia yang sangat islami, insya Allah.

ANTARA - Nasional